SQL

PENGERTIAN SQL, FUNGSI DAN JENISNYA


Apa itu SQL?

SQL merupakan singkatan dari Strutured Query Language, yang berguna sebagai Bahasa khusus dalam mengakses dan mengelola data-data yang ada di dalam sebuah basis data relasional. Saat pengaksesan atau pengelolaan data menggunakan perintah-perintah khusus sehingga data bisa dimanipulasi atau dikelola dengan baik.

Perintah-perintah khusus yang berguna dalam mengelola database biasa disebut dengan query. Perintah-perintah SQL tersebut sudah memiliki standar khusus yang diakui oleh ANSI (American National Standart Institute) sebagai Bahasa pemrograman database. Pengakuan akan standarisasi SQL tersebut sudah diakui sejak tahun 1986.

Fungsi SQL

Fungsi SQL sebenarnya ada banyak tergantung dari sudut pandang mana yang digunakan. Akan tetapi secara umum keberadaan SQL sebagai Bahasa pengelolaan database berfungsi dalam mengelola suatu data pada database atau melakukan query yang dibutuhkan.

Selain dari itu SQL juga berfungsi sebagai penghubung antara aplikasi dengan berbagai database. Karena bahasa SQL hamper didukung oleh berbagai macam database. Dan juga SQL berfungsi dalam melakukan pengolahan database yang kompleks.

Jenis SQL

1. Data Definition Language (DDL)

Jenis perintah data definition language (DDL) merupakan perintah SQL yang paling mendasar. Perintah DDL digunakan untuk mendefinisikan atau membuat struktur sebuah basis data beserta tabelnya. Beberapa perintah yang termasuk ke dalam DDL, seperti berikut :

CREATE : Digunakan Ketika akan membuat suatu database, table maupun kolom baru.

DROP : Digunakan Ketika menghapus suatu database, table maupun kolom yang sudah ada.

SHOW : Digunakan untuk menampilkan isi dari sebuah table yang sudah ada sebelumnya.

ALTER : Digunakan Ketika ingin merubah struktur table meliputi merubah nama table, menambah, merubah dan menghapus kolom, serta menambah atribut lainnya.

RENAME : Digunakan untuk merubah nama sebuah table maupun kolom yang sudah ada.

2. Data Manipulation Language (DML)

Jenis perintah berikut adalah DML yang da pada SQL. Perintah DML ini, berfungsi untuk memanipulasi data yang ada pada sebuah database. Perintah DML terdiri dari beberapa perintah seperti berikut :

INSERT : Digunakan Ketika akan menambahkan atau memasukkan sebuah record baru pada sebuah table di database.

SELECT : Digunakan dalam memilih table, kamu juga bisa merelasikan suatu tebl dengan table yang lain sehingga data yang kamu ambil bisa dari beberapa table.

DELETE : Digunakan saat kamu ingin menghapus sebuah record yang sudah ada sebelumnya pada suatu table.

UPDATE : Digunakan Ketika kamu akan melakukan pembaruan atau perubahan terhadap data yang ada pada record di table.

3. Data Control Language (DCL)

Perintah SQL selanjutnya adalah perintah data control language (DCL). Perintah DCL ini biasa digunakan khusus untuk mengatur hak akses apa saja yang dimiliki oleh pengguna terhadap suatu database atau pada suatu table maupun pada field yang ada. Sehingga database dapat menjaga kerahasiaan atau privasinya. Beberapa perintah pada DCL seperti berikut :

GRANT : Digunakan Ketika ingin memberikan hak akses terhadap pengguna yang lain. Hak akses yang kamu berikan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan bahkan pembatasan terhadap perintah DML.

REVOKE : kebalikan dari perintah GRANT, perintah REVOKE bisa kamu gunakan untuk mencabut hak akses yang sebelumnya telah diberikan kepada pengguna

4. Transaction Control Language (TCL)

Perintah TCL biasanya digunakan untuk pengontrolan proses transaksi data yang sangat sensitive, yang termasuk ke dalam perintah TCL sepertu COMMIT, ROLLBACK, dan SET TRANSACTION.

COMMIT : Digunakan saat mengakhiri transaksi data dengan menerapkan perubahan yang telah dilakukan secara permanen.

ROLLBACK : Digunakan dalam membatalkan perubahan yang sudah dilaksanakan. Kamu juga bisa membatalkan transaksi pada bagian tertentu dengan menetapkan SAVE POINT.

Data Types SQL

1. String

Tipe data string digunakan untuk menyimpan data string (text)


2. Numeric

Tipe data numeric digunakan untuk menyimpan data numeric (angkat).


3. Boolean

Boolean adalah sebuah tipe data yang memang hanya memiliki dua nilai, yaitu benar atau salah (true or false). Dalam Bahasa pemrograman nilai true atau benar dapat digantikan atau dialihkan menjadi 1, sedangkan nilai false atau salah dialihkan menjadi 0.

4. Date & Time

Tipe date and time digunakan untuk menyimpan data tanggal dan waktu.













 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transaction Control Language (TCL)

Perintah Untuk Mengetahui CPU, RAM, DISK, dan Utilisasi Semua Komponen pada Linux