CONSTRAINT


Apa itu CONSTRAINT ?

Constraints pada konsep relationship database merupakan suatu kondisi atau aturan yang digunakan untuk membatasi suatu kolom untuk dapat menyimpan data. Dengan menerapakan constraint pada suatu kolom memberikan batasan dalam melakukan perubahan dan pengahapusan suatu data pada suatu baris yang memiliki ketergantungan dengan data dari tabel lain. 

Macam - macam Constraint

1. Primary Key

Primary Key atau Kunci Utama adalah sebuah kolom atau gabungan dari beberapa kolom yang mendefinisikan sebuah record yang unik. Dalam sebuah table hanya boleh memiliki sebuah (satu) primary key, tidak boleh lebih.
Satu lagi yang paling penting adalah bahwa kolom yang mempunyai Primary Key tidak boleh NULL.
Contohnya adalah sebuah Pegawai tidak boleh memiliki NIP (Nomor Induk Pegawai) yang lebih dari satu (tidak unik).

2. Foreign Key

Foreign Key atau KunciSebuah kolom yang nilainya mempunyai referensi ke table lainnya. Biasanya table yang menjadi referensi adalah tabel yang mempunyai field Primary Key.

3. Not Null

Sebuah kolom yang mempunyai constraint NOT NULL artinya bahwa kolom itu tidak boleh null. Contohnya adalah kolom jenis kelamin itu tidak boleh null, karena setiap manusia pasti mempunyai jenis kelamin baik pria maupun wanita.

4. Unique Key

Constraint Unique Key ini sebenarnya mirip dengan constraint Primary Key, yaitu sama-sama bernilai unik. Bedanya adalah kalau Unique Key ini boleh bernilai NULL sedangkan Primary Key tidak boleh bernilai NULL.
Perbedaan lainnya adalah Unique Key dapat diaplikasikan lebih dari satu pada suatu table, sedangkan Primary Key hanya boleh satu.

5. Check

Check Constraint akan mengecek data atau nilai yang masuk, apabila sesuai kondisi yang telah ditentukan maka bernilai true atau boleh 

Berikut merupakan singkatnya :






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transaction Control Language (TCL)

Perintah Untuk Mengetahui CPU, RAM, DISK, dan Utilisasi Semua Komponen pada Linux