DATABASE

PENGERTIAN DATABASE, FUNGSI, JENIS DAN STRUKTURNYA


Apa itu Database?

Database adalah basis data atau sekumpulan data yang dikelola sedemikian rupa sesuai ketentuan tertentu dan saling berhubungan supaya mudah dikelola. Pengelolaan database memudahkan setiap orang mencari, menyimpan, dan menghapus informasi.

Database juga bisa diartikan sebagai sebuah system yang berfungsi mengumpulkan data, arsip, atau table yang disimpan dan terhubung ke media elektronik, seperti aplikasi situs web. Database membuat penyimpanan dan pengelolaan data lebih efisien.

Fungsi Database

Berikut beberapa fungsi database :

  • Mengelompokan data dan informasi
  • Memudahkan identifikasi data
  • Menghindari data ganda yang tersimpan
  • Memudahkan akses, simpan, pembaruan, dan penghapusan data
  • Menjadi penyimpanan data dari aplikasi atau situs web
  • Menjaga kualitas data yang diakses agar sesuai yang diinput
  • Membuat aplikasi data yang diakses agar sesuai yang diinput
  • Membuat aplikasi berjalan lancer karena datanya terpusat
  • Database membuat data tersimpan aman karena keamanan tinggi
  • Database memudahkan pencarian data lebih cepat

Jenis – jenis Database

Saat ini ada 5 jenis database yang banyak digunakan untuk pengoperasian perangkat lunak. Berikut ini jenis database dan fungsinya.

1. Operational Database

Operational database berfungsi sebagai tempat untuk mengelola data dinamis secara langsung dan realtime. Jneis database ini memungkinkan anda bisa melihat sampai modifikasi data dengan cara menambah, mengubah, atau menghapus data secara kangsung lewat perangkat keras yang dipakai.

2. Database Warehouse

Database Warehouse adalah jenis databse yang biasa disebut dengan istilah Enterprise Data Warehouse (EDW). Tipe basis data ini adalah elemen utama dalam Business Intelligence (BI). Database jenis ini digunakan untuk Analisa dan pelaporan data. Data Warehouse menghimpun data terkini dari berbagai sumber berbeda ke dalam satu lokasi terpusat dan terpadu untuk menghasilkan laporan analisis.

3. Relational Database

Relational Database adalah basis data relasional yang merupakan basis data untuk mengorganisir sesuai model hubungan data. Aplikasi banyak digunakan sistem ini menggunakan Structured Query Languange atau SQL sebagai Bahasa pemrograman untuk pemeliharaan basis data dan query.

4. Distributed Database

Distributed Database adalah tipe basis data yang terdiri dari gabungan situs dan tersebar di banyak lokasi berbeda. Seluruh database tetap terkoneksi satu sama lain dalam suatu jaringan computer. Sistem ini berbeda dengan system parakek yang terhubung erat pada data tunggal. Sistem ini terdistribusi melalui situs yang tergantung dan tidak memiliki komponen fisik.

5. End-User Database

End-User Database adalah jenis database yang dibuat dan diatur oleh pengguna akhir menggunakan perangkat atau workstation sendiri. Jenis berkas data buatan sendiri dibuat dengan prosedur tertentu. Berkas data lalu dikelola secara mandiri melalui metode yang anda gunakan. Basis data ini berlaku untuk dokumen yang bersifat offline dan tersimpan di perangkat pribadi.

Struktur Database

Berikut uraian tentang struktur database :

1. Data

Sebuah sekumpulan fakta yang mengenai objek tertentu, missal angka, huruf, gambar, film dll yang relevan dan belum mempunyain arti

2. Informasi

Sebuah hasil pengelolahan data konkrit yang sudah mempunyai arti untuk mencapat suatu tujuan tertentu

3. Tabel

Tabel merupakan hal yang paling mendasar dalam hal ini penyimpanan data yang dari field dan record

4. Field (kolom)

Field merupakan elemen dari table yang berisikan informasi tertentu yang lebih spesifik tentang sub judul table pada item data. Adapun syarat – syarat dalam pembentukan field name yaitu :

  • Harus lebih unik atau spesifik
  • Dapat disingkat
  • Pemisahan antara pengganti spasi dalam pembentuk field tanda lambing “_” missal Kode Murid, KDMurid, KodeMRD, Kd_MRD, Kd_Murid

Dalam system manajemen basisdata memiliki 3 maca, field yaitu :

  1. Harus diisi (required)
  2. Dapat diabaikan optional (optional)
  3. Penghitungan dari field lain. Pengguna tidak dapat memasukan data pada jenisnya field yang terakhir

5. Query

Query merupakan pertanyaan atau permintaan informasi tertentu dari sebuah basisdata yang ditulis dengan format tertentu. Terdapat 3 metode utama dalam membuat query yaitu :

  1. Memilih parameter yang telah disediakan pada menu. Metodenya paling mudah digunakan tapi tidak fleksibel karena pengguna hanya dapat menggunakan parameter yang terbatas.
  2. Query by example merupakan metode query yang disediakan system dalam bentuk record kosong dan pengguna dapat menentukan field dan nilai tertentu yang akan digunakan dalam query.
  3. Bahasa query (query language) merupakan Bahasa khusus yang digunakan dalam melakukan query pada sebuah basisdata. Metode ini paling susah tapi paling fleksibel.

6. Record (baris)

Record merupakan sekumpulan data yang saling berkaitan tentang sebuah subjek tertentu, contoh data seorang murid akan disimpan dalam record yang terdiri dari beberapa field.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transaction Control Language (TCL)

Perintah Untuk Mengetahui CPU, RAM, DISK, dan Utilisasi Semua Komponen pada Linux