Service Aplikasi

1. Container

Container adalah sejenis software yang mengemas dan mengisolasi aplikasi secara virtual untuk mempermudah software deployment. Berbeda dengan konsep traditional Virtual Machine, Container tidak membutuhkan dedicated operasting system tetapi Container Kernel dapat di pergunakan secara bersamaan.

2. Docker

Docker adalah sebuah platform berbasis teknologi container. Dengan container, anda dapat menyatukan berbagai file yang dibutuhkan oleh perangkat lunak.

3. Podman

Podman adalah container engine yang lengkap untuk menjalankan, mengelola, dan men-debug container yang mematuhi standar Open Container Initiative (OCI). Dengan Podman, para developer dapat mengelola container tanpa menggunakan daemon. Podman juga memiliki command-line interface (CLI) yang kompatibel dengan docker sehingga serta pengintegrasian yang lebih baik dengan system. Podman memudahkan para developer untuk mencari, menjalankan, dan membagikan container.

4. Kubernetes

Kubernetes adalah platform open-source untuk mengelola workloads aplikasi yang ada dalam container, serta menyediakan konfigurasi dan otomatisasi. Pertama kali dikembangkan oleh Google, Kubernetes kini dikelola oleh Cloud Native Computing Foundation (CNCF).

5. Openshift

Openshift adalah platform aplikasi container yang dirancang untuk pengembangan dan deployment container. Openshift menggabungkan docker dan Kubernetes dimana penjadualan container dan orkestrasi dapat dilakukan dengan mudah dan juga sebagai platform untuk memudahkan para developer dan sysadmin mendapatkan bagian terpenting untuk customer berupa aplikasi atau sesuatu yang saying dibuthkan.

6. Elasticsearch

Elasticsearch adalah mesuin pencari dan analitik sumber terbuka (open source) dengan sistem terdistribusi yang memiliki kemampuan pencarian dan analitik real time. Pakar big data Wayan M Wijaya mengatakan Elasticsearch memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi data dengan kecepatan dan skala yang belum pernah dicapai sebelumnya.

7. Grafana

Grafana adalah platform analitik yang memungkinkan anda mengkueri dan memvisualisasikan data, lalu membuat dan berbagi dasbor berdasarkan visualisasi anda. Grafana menyediakan plugin Data Explorer Azure, yang memungkinkan anda menyambungkan dnan memvisualisasikan data dari Azure Data Explorer.

8. Ansible

Ansible merupakan salah satu automation tool dan infrastructure as a code yang tersedia secara open source. Dengan Ansible kita dapat melakukan provisioning (semacam membuat/menghapus) server, configuration management, dan melakukan deployment aplikasi pada server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transaction Control Language (TCL)

Perintah Untuk Mengetahui CPU, RAM, DISK, dan Utilisasi Semua Komponen pada Linux