Pembahasan Dalam Scope Linux

1.     1. NTP (Network Time Protocol)

NTP adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengsinkronkan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam – jam sistem computer di atas paket-switching, variable-latecy jaringan data. Proses sinkronisasi ini dilakukan didalam jalur komunisasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi data yang hanya melakukan pertukaran paket – paket data saja.

2.     2.  Repository

Repository adalah tempat disimpannya berbagai macam program atau aplikasi yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa diakses melalui internet. Seluruh rangkaian informasi dalam repository dapat diduplikasi pada sistem setiap pegguna atau dapat dipelihara pada satu peladen.

3.     3.  Swap

Swap dalah partisi yang diambil dari ruang hard disk yang digunakan untuk kebutuhan virtual memory. Saat penggunaan RAM yang berlebihan atau penuh maka beban akan dibagi kepada virtual memory atau partisi swap.

4.     4.  VDO (Virtual Data Optimizer)

VDO (Virtual Data Optimizer) adalah teknologi virtualisasi blok yang menyediakan deduplikasi data secara transparan. Dengan menghilangkan potongan data ynag berlebihan, VDO dapat sangat mengurangi kapasitas disk yang digunakan sebenarnya. VDO menyediakan reduksi data inline untuk linux dalam bentuk deduplikasi, kompresi, dan penyediaan tipis.

5.     5. Tuned Profile

Tuned adalah fitur Linux yang memantau sistem dan mengoptimalkan kinerjanya di bawah beban kerja tertentu. Tuned menggunakan profil untuk melakukan ini. Profil adalah seperangkat aturan yang menentukan parameten system tertentu seperti pengaturan disk, parameter kernel, pengaturan pengoptimalan jaringan, dan banyak aspek sistem lainnya.

6.     6. Selinux

Selinux adalah kependekan dari Security Endanced Linux. Dari kepanjangannya kita dapat mengetahui bahwa Selinux ini merupakan oeningkatan keamanan dari security system yang ada di Linux.

7.     7. Crontab

Crontab adalah cron table, program yang digunakan yang digunakan untuk menginstal, menghapus atau menyimpan daftar table yang digunakan untuk menjalankan cron daemon di vixie cron.

8.     8.  Auto FS

Autofs adalah program untuk memasang direktori secara otomatis sesuai kebutuhan. Auto-mount dipasang hanya saat diakses, dan dilepas setelah periode tidak aktif. Karena itu, automounting NFS/Samba share menghemat bandwidth dan menawarkan kinerja keseluruhan yang lebih baik dibandingkan dengan mount statis melalui fstab.

9.     9.  Journal

Journal adalah komponen systemd. Ini adalah loksi terpusat untuk semua pesan yang dicatat oleh komponen yang berbeda dalam system Linux yang diaktifkan oleh system. Ini termasuk pesan kernel dan boot, pesan yang berasal dari syslog, atau layanan yang berbeda.

10.  Container

Container adalah sejenis software yang mengemaskan dan mengisolasi aplikasi secara virtual untuk mempermudah software deployment. Berbeda dengan konsep traditional Virtual Machine, Container tidak membutuhkan dedicated operating system (OS Kernel) tetpai Container Kernel dapat di pergunakan secara bersamaan.

11.  Service Management System

Service Management System adalah sistem modular besar yang menggabungkan semua atau sebagian besar aspek organisasi berorientasi layanan. Untuk memiliki pola pikir manajemen layanan, organisasi harus memahami tingkat kematangan proses yang diperlukan untuk menjadi organisasi berorientasi layanan.

12.  Firewall

Firewall adalah perangkat keamanan jaringan yang memantau lalu lintas jaringan masuk dan keluar dan mengizinkan atau memblokir paket data berdasarkan seperangkat aturan keamanan. Tujuannya adalah untuk membangun penghalang antara jaringan internal Anda dan lalu lintas masuk dari sumber eksternal (seperti internet) untuk memblokir lalu lintas berbahaya seperti virus.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transaction Control Language (TCL)

Perintah Untuk Mengetahui CPU, RAM, DISK, dan Utilisasi Semua Komponen pada Linux